Beranda | Artikel
Manhaj Dakwah Ahlus Sunnah - Bagian ke-1 - Poin 82 - Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jamaah (Ustadz Yazid Abdul
Sabtu, 13 Mei 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Yazid ‘Abdul Qadir Jawas

Pada kajian kali ini, beliau akan menyampaikan tema tentang “Manhaj Dakwah Ahlussunnah Wal Jamaah” yang merupakan pembahasan poin ke-82 dari Kitab Syarah ‘Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah.

[sc:status-tematik-ustadz-yazid-bin-abdul-qadir-jawas-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kitab Syarah ‘Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah

Dijelaskan oleh Syaikh Dr. Shalih bin Fauzan Al-Fauzan menjelaskan tentang manhaj. Manhaj artinya jalan atau metode. Manhaj yang benar adalah jalan hidup yang terang dalam beragama menurut pemahaman para sahabat.

Manhaj lebih umum dari pada Aqidah. Manhaj diterapkan dalam Aqidah, dalam tingkah laku, akhlaq, muamalah dan dalam semua kehidupan seorang muslim. Setiap langkah yang dilakukan seorang muslim dikatakan manhaj. Adapun Aqidah yang dimaksud adalah pokok iman, makna dua kalimat syahadat dan konsekuensinya.

Sedangkan yang dimaksud Manhaj Dakwah berarti jalan yang benar tentang dakwah ahlussunnah wal jamaah. Salah satu hal yang utama adalah mendakwahkan kepada keluarga terlebih dahulu. Sebab Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam diawal beliau berdakwah, maka Allah berfirman:

وَأنذِرْعَشِـيْرَتكَ الأقرَبيْنَ

Artinya:”Ancamlah keluargamu yang terdekat,”

Allah juga berfirman dalam Q.S At-Tahrim:6

….يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا

Artinya:”Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka…”(Q.S: At-Tahrim[66]:6)

Seorang muslim diperintahkan untuk menjaga dirinya dan keluarganya dari siksa api neraka. Maka ajarkan kepada keluarga dengan ajaran yang benar. Mengajarkan Al-Qur’an, sunnah, tauhid, dan inilah yang pertama harus diajarkan kepada keluarga. Tauhid. Dengan ini, seorang muslim akan mengerti bagaiamana beribadah kepada Allah dengan benar, bagaiamana mengikhlaskan ibadah kepada Allah dengan benar, bagaiaman mentauhidkan Allah dan bagaiamana seorang muslim menjauhkan segala perbuatan syirik baik yang besar maupun yang kecil.

 

Lalu bagaiamana mendakwahkan kepada yang lebih luas? Simak penjelasan Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafidzhahullahu mengenai poin ke-82 ini di dalam rekaman kajian yang bisa Anda download saat ini juga.

Dengarkan dan Download MP3 Kajian Kitab Syarah ‘Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah – Ustadz Yazid bin ‘Abdul Qadir Jawas


Jangan lupa untuk membagikan link download kajian ini melalui Facebook, Twitter, dan Google+ atau yang lainnya. Jazakumullahu khoiron.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/28319-manhaj-dakwah-ahlus-sunnah-bagian-ke-2-poin-82-syarah-aqidah-ahlus-sunnah-wal-jamaah-ustadz-yazid-abdul-qadir-jawas/